Rabu, 26 Juli 2017

5 Ibadah yang Bisa Dilakukan Wanita Ketika Sedang Haid

5 Ibadah yang Bisa Dilakukan Wanita Ketika Sedang Haid

KunciSuksesDunia - Perempuan memiliki masa menstruasi atau haid yang membuatnya tidak melakukan ibadah-ibadah tertentu seperti sholat, membaca Al-Qur’an dan berpuasa. Namun, bukan berarti muslimah yang sedang haid tidak boleh beribadah.

Beribadah sendiri tidak harus selalu berupa seperti sholat, membaca Al-Qur’an dan berpuasa, melakukan kebaikan untuk mendapatkan ridha Allah juga termasuk kepada ibadah. Nah, inilah 5 jenis ibadah yang masih bisa dilakukan para muslimah saat sedang haid:

  • Berdoa

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda pernah berkata bahwa berdo’a adalah ibadah (Abu Dawud). Berdoalah kapanpun saat ada kesempatan, bukan hanya mendoakan diri sendiri, bisa juga mendoakan orang lain saat kita melihat seorang bapak tua yang kerepotan membawa gerobak atau seorang anak yang harus membantu orangtuanya bekerja.

  • Mengunjungi Sanak Keluarga

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir haruslah mempererat tali silaturahmi.” (Al-Bukhari)

  • Beristigfar dan Berdzikir

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (QS. Al-Ahzab: 41)


Berdzikir bisa dilakukan sambil melakukan berbagai aktivitas lain seperti mengerjakan pekerjaan rumah, memasak atau saat di perjalanan.

  • Berdakwah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (QS. Fushshilat: 33)

Meski bukan sebuah ritual, menyeru kepada Allah atau berdakwah di jalan Allah merupakan salah satu ibadah yang bisa dilakukan perempuan yang sedang haid.

  • Mempelajari Islam

Sebuah hadist mengatakan “mencari ilmu merupakan suatu kewajiban bagi seluruh umat muslim.”

Dengan demikian, memperdalam ilmu pengetahuan kita mengenai Islam juga merupakan salah satu bentuk ibadah yang bisa kita lakukan pada saat sedang haid.
Sumber: www.dailymoslem.com/inspiration/10-ibadah-yang-bisa-dilakukan-muslimah-saat-sedang-haid

0 komentar